Minggu, 03 Mei 2009

Tanjung Selor secara Umum


Deskripsi daerah

Tanjung Selor merupakan ibukota dari kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur. Kabupaten Bulungan sendiri merupakan kabupaten paling utara dari provinsi Kalimantan Timur dan berbatasan dengan Malaysia. Jangan heran jika soal tarif dan harga barang disini cukup tinggi. Terletak di tepian sungai Kahayan, kehidupan di kota kecamatan ini cukup tenang. Penduduknya didominasi oleh suku Dayak, Bugis dan Jawa. Sebagian besar bermata pencaharian pedagang, PNS dan pekerja di bidang jasa dan pertambangan.
 Beberapa hal penting yang saya rasa perlu diketahui tentang daerah ini:
I. Transportasi
Untuk mencapai Tanjung Selor via penerbangan (sebagai contoh saya ambil rute Solo-Tanjung Selor) ada beberapa opsi, 
1. Dari Solo perjalanan darat ke Surabaya, ambil penerbangan ke Balikpapan, dari Balikpapan dilanjutkan dengan penerbangan ke Berau, jalur ini dilayani oleh Batavia air. Dari Berau dilanjutkan perjalanan darat ke Tanjung Selor menggunakan taxi.
2. Dari Solo perjalanan darat ke Jogja, ambil penerbangan ke Tarakan, dari tarakan naik taxi/ojek ke dermaga, melanjutkan perjalanan ke Tanjung Selor menggunakan speedboat selama 1,5 jam.
3. Lewat laut juga bisa, cuma belum pernah mencoba.

Catatan: a. Perjalanan darat Solo-Surabaya dg travel minta turun di Bandara Juanda, cost: Rp. 100.000,-
  b. Tiket penerbangan Balikpapan-Berau 2 kali lebih mahal daripada Surabaya-Balikpapan. Surabaya-Balikpapan-Berau, cost: ± Rp. 1.200.000,-
  c. Bandara Kalimarau (Berau) ke Tanjung Selor dilayani dengan Taxi. Perjalanan memakan waktu 5 jam. Cost: Rp. 150.000,-
  d. Penerbangan Jogja-Tarakan belum ada yang penerbangan langsung, jadi transit Surabaya atau Balikpapan. Cost: ± 1juta.
  e. Speedboat Tarakan-Tanjung Selor, ditempuh selama 1,5jam cost Rp. 85.000,-
  f. Disarankan memilih opsi kedua, hemat dana, waktu dan tenaga.
II. Telekomunikasi
Dari Balikpapan hingga Tanjung Selor hampir semua operator seluler besar seperti telkomsel, indosat, XL, Flexi memiliki sinyal yang bagus.
III. Perbankan
Agar kegiatan pendampingan dapat berjalan lancar, dukungan fasilitas perbankan mutlak diperluan. Saat ini ada 3 bank yang membuka layanan di Tanjung Selor, yaitu BRI, Bank Danamon, dan BPD Kaltim. Ketiga bank ini menyediakan fasilitas ATM juga. Selain ketiga bank tersebut, layanan perbankan paling dekat terletak di kab. Berau dan kota Tarakan yang dapat ditempuh dengan biaya Rp. 160.000,- PP.


1 komentar:

icha mengatakan...

hehehe.. setuju..

buat blog ttg tanjung selor yg lebuh lengkap n slalu update dund..

ajakiin tmn2 yg lain jg pasti blog tanjung selor akan rame.. =)